#15 hari menuju RAKER#
Dalam sebuah organisasi, menyusun program kerja adalah bagian dari proses perencanaan. Ada adagium yg menyatakan bahwa perencanaan yang baik adalah 1/2 jalan menuju kemenangan /keberhasilan.
Dalam penyusunan program kerja, komponen-komponen yang harus ada adalah sebagai berikut:
1. pemilihan program kerja prioritas.
2. menganalisa isu atau masalah.
3. menentukan tujuan program kerja.
4. menentukan cakupan program kerja.
5. menentukan garis besar waktu dan pelaksanaan.
PROGRAM KERJA PRIORITAS
“nama program kerja”
TUJUAN
mengapa punya program kerja ?
1. mendidik / membangun sekelompok ……(siapa)…agar dapat membuat / mengembangkan …(apa)….dengan waktu ….(berapa lama) … dengan harapan terbentuk menjadi….(bagaimana)….dengan segala keterbatasan yang ada.
2. program kerja dapat mengurangi apa ?
3. apa hasilnya untuk organisasi ?
4. apa kelanjutan dari program kerja (terobosan) ?
ISU / MASALAH
1. Buat daftar isian masalah (DIM), kenapa program kerja ini sampai diajukan ?
2. kelemahan, kekuatan dari organisasi (dari dalam).
2. peluang, ancaman untuk organisasi (dari luar).
CAKUPAN
Untuk siapa, dan area cakupan seberapa besar ?
1. diperuntukkan untuk siapa ?
2. seberapa besar daerah cakupannya ?
WAKTU
1. butuh berapa tahap ?
2. tiap tahap butuh berapa lama ?
3. Buatlah jadwal yg jelas, hari, tgl, dan jam sebagai acuan.
Demikianlah sekilas pedoman penyusunan program kerja dari sekian banyak teori dan tip yang ada.
Inovasi dan kreatifitas masing masing individu yg terlibat dalam proses penyusunan program kerja tersebut tentu akan memperkaya hasil perencanaan yang ada.
Komentar
Posting Komentar